Ketua Pelaksana Pusat Studi Otda Puji Kinerja Dinas PMD Tanah Bumbu

0
96

Banjarmasin,Kalimantanhits.com -Dinas Pemberdayaan Desa (PMD) Tanah Bumbu dipuji Pusat Studi Otonomi Daerah (OTDA) pusat lantaran kinerjanya yang maju, dan terdepan dari segala hal. Dibandingkan kabupaten lainnya.

Hal itu dibeberkan Ketua pelaksana Otda, Windyi Kristia Resmi. Ia mengatakan, dari beberapa daerah lain, serapan keuangan di PMD Tanbu tercatat mencapai 96 persen se Kalimantan tercepat dan terarah mengenai pemanfaatan anggaran di desa. Termasuk komunikasi ke pemerintah pusat.

“Tanah Bumbu ini saya akui terdepan dari Kabupaten lain kalau di sekitar Kalimantan. Dari PMD-nya saja belum mulai, mereka sudah start dari Kabupaten-kabupaten lainnya,” ungkapnya disela memberikan Bimbingan Tekhnis Penyusunan Produk Hukum Desa diselenggarakan dari 12 hingga 14 November 2021 bertempat di Hotel Aria Barito Banjarmasin, Minggu (14/11).

Menurutnya, PMD Tanbu dinilai dari segi Faktual programnya yang terdepan dan terupdate selalu ke kementrian. “Utamanya mengenai program salah satu yang keren, dan laporan terdepan serapannya,” kata wanita murah senyum ini.

Terlebih, Tanah Bumbu termasuk yang rajin memberikan bimbingan kepada aparatur desa. Terkait peningkatan SDM untuk mengelola anggaran sesuai dengan peraturan.

“Kami harap, bimbingan teknis tidak berhenti di sini. PMD bisa mengajak desa-desa kaji banding misalnya ke Malang atau Jogya,” tambahnya.

Dikatakan, pertemuan muka antara aparatur desa ini dapat meningkatkan wawasan. Sekaligus ajang membuka diri terhadap perubahan yang saat ini begitu cepat terjadi.

“Masih ada soalnya, perangkat desa yang berpikiran tertutup. Khususnya di pelosok. Pertemuan rutin bisa menempa kepribadian mereka,” terangnya.

Dikesempatan sama, Kadis PMD Tanah Bumbu Samsir,SE,M.Ap meminta kepada perangkat desa mendapat bimbingan agar secara maksimal mengikuti materi hukum diberikan.

“Usai pelatihan, saya harap tidak ada lagi yang bingung menyusun program. Selama ini kan terhambatnya inovasi desa karena minimnya pengetahuan soal hukum,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

ten + 4 =